Sabtu, 28 Mei 2011

Load data dummy dengan LOAD DATA di MySQL

Alhamdulillah, sebenarnya tulisan ini yang menjadi sebab ditulisnya tentang PATH MySQL di Win7 dan Belajar menggunakan MySQL Command... Jika sebelumnya juga pernah dibahan mengenai SQL*Loader yang digunakan untuk memasukkan data CSV kedalam tabel di Oracle, ternyata ada temen yang ingin risetnya menggunakan database MySQL dan ingin meload data juga dari file CSV.

Pas nanya kesaya bisa g? Saya bilang bilang bisa2... Pas saya bilang cari dan coba dulu, eh malah saya yang dimintai tolong supaya nyari caranya. Haduuh... Tapi gpp saya juga tertarik untuk mencarinya, walaupun masih banyak tugas lain tapi bahasan ini cukup menarik sehingga mebuat hal ini harus dilakukan dulu...(namanya juga penasaran...:D) Setelah riset selesai bawain saya jajan ya...:D (Minimal oleh2 dari Jakarta...:D)

Okey kita mulai saja...

1.    Buat tabel yang akan diberi data yang besar, misal tabel incsv :
create table incsv(
id_incsv char(10),
nama_incsv varchar(50),
pangkat integer,
tgl_lahir date);

2.    Generate data untuk isi tabel dengan data generator, simpan dalam bentuk .CSV

Maka kita akan mendapat data dalam format seperti dibawah ini :
3.    LOAD data ke dalam tabel dengan syntax
LOAD DATA INFILE 'd:\incsv.csv' 
INTO TABLE incsv 
FIELDS TERMINATED BY '|' 
LINES TERMINATED BY '\n';
File incsv.csv terletak pada direktori D, sehingga ketika di eksekusi :

Setelah itu kita cek apakah data yang kita LOAD masuk atau tidak...

Data masuk sebanyak lebih dari satu juta data...

Demikian tulisan yang dapat saya buat, semoga bisa bermanfaat...

3 komentar:

  1. yah, masa pergi kemana dikit gitu minta oleh2 si kak

    waaah, kak, akhirnya dicobain bisa juga, penasaran farida nya. kemarin itu sempet error

    ternyata kemarin error gara2:
    1. farida buka datanya di notepad bukan dipisahin pake '|', tapi ';', jadi yang fields terminated itu diganti juga
    2. file csv farida itu disimpen di 'D:\college\semester4\RG BASDAT\riset2\tabel.csv'. nah ternyata '\r' itu perintah reconnect dan '\t' itu perintah outfile di mysql (farida juga ga tau apaan tu outfile, heehe). farida rename deh jadi itabel.csv, terus dipindah di D.

    dan... akhirnya alhamdulillah bisa lo...

    oya, farida cobain di navicat juga bisa ternyata

    BalasHapus
  2. Kan yang dulu saya g dapat oleh2ny, yang ini harus dapat ya...:D

    wah saya belum baca yang \r atau \t soalnya pake yang diatas saja udw bisa kok...
    sip lah klo nyoba pke navicat dan bisa...

    berarti ntar buatin artikel tentang pertitioning key ya... ntar saya upload di tempat riset lab, bikin yang bagus...

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar anda, baik berupa koreksi, kritikan maupun saran...