Kamis, 03 Maret 2011

Asal Mula Panah

Memanah adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah pada sasaran tertentu. Tidak diketahui sejak kapan orang mulai memanah tatapi yang jelas memanah telah dilakukan sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Dalam buku-buku ditulis bahwa orang-orang purbakala telah melakukan panahan untuk bertahan hidup.

Pada sebuah buku disebutkan bahwa suku Neanderathal telah menggunakan panah sejak puluhan ribu tahun lalu. Ahli-ahli purbakala dalam penggaliannya di mesir menemukan bukti bahwa panah sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu di mesir. Bukti yang ditemukan ahli purbakala ini yaitu tubuh seorang prajurit mesir kuno yang terbunuh dengan anak panah.
Busur dan panah merupakan senjata utama yang digunakan sejak ribuan tahun lalu bahkan hingga kinipun masih terdapat suku-suku yang menggunakan busur dan panah dalam keseharian mereka seperti : suku-suku bangsa di hutan-hutan daerah hulu sungai Amazone, suku-suku Veda di pedalaman Srilangka, suku-suku Negro di Afrika, suku-suku Irian di Irian Jaya, suku Dayak dan suku Kubu.

Dari beberapa literatur terdapat beberapa ahlu yang mengemukakan dua teori. Yang pertama berpendapat bahwa panah dan busur sudah dipakai sejak era mesolitik(5000-7000 tahun silam) yang lainnya berpendapat bahwa busur dan paha digunakan pada era paleolitik(10.000-15.000 tahun silam).

Yang mana yang benar bukanlah hal yang penting. Tetapi fakta yang menarik bahwa panah sebelum digunakan sebagai olahraga seperti saat ini memiliki peran yang sangat penting yaitu mulai dari digunakan untuk mempertahankan diri dari binatang liar, mencari makan(untuk berburu), dan bahkan senjata perang.

Sumber : http://www.voa-islam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda, baik berupa koreksi, kritikan maupun saran...