Jumat, 04 Maret 2011

Kantin Kejujuran dikampusku...

Katin kejujuran apakah itu? Apakah kantin ini menjual kejujuran, tentu tidak. Kantin kejujuran merupakan kantin yang akan mendidik pembelinya berbuat jujur. Menarik kan, sebuah kantin yang bisa mendidik pembeli untuk berbuat jujur. Mekanisme kantin ini yaitu penjual meletakkan barang-barang jualannya ditempat umum beserta sebuah kotak untuk meletakkan uang pembayaran. Dengan cara ini maka pembeli dapat mengambil barang yang ingin dibeli, dan menaruh uang untuk membayar pada kotak yang disediakan. Jika cara ini berjalan dengan baik maka bisa dipastikan pembeli dapat belajar untuk jujur minimal untuk membayar apa yang mereka ambil.

Dikampus penulis akhir-akhir ini lagi marak kantin kejujuran ini, gambar-gambar yang penulis upload merupakan gambar kantin kejujuran di kampus penulis. Banyak sekali mahasiswa yang menjual makanan dikampus tersebut. Lalu bagaimana prakteknya ? sesuaikah dan bisa mendidik mahasiswa untuk berbuat jujur. Selain itu ada hal penting yaitu kelebihan dan kekurangan dari kantin kejujuran yang ada pada kampus penulis, karena setiap hal pasti kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tidak ada satu hal pun yang terlepas dari kelebihan dan kekurangan.

Mari kita lihat satu per satu kelebihan dan kekurang dari kantin kejujuran dikampus penulis. Pertama-tama kita lihat kelebihan dan manfaat dari kantin kejujuran ini. Yang pertama kantin sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan makanan kecil ketika sedang kuliah, karena kantin kejujuran ini terletak pada kawasan gedung kuliah atau tempat-tempat yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas sehingga mudah dijangkau oleh mahasiswa. Kantin yang disediakan oleh kampus letaknya lumayan jauh dari tempat kuliah, kalau lagi buru-buru dan lapar kantin kejujuran ini solusi yang tepat. Selanjutnya kantin ini juga melatih sikap tanggung jawab yang dimiliki mahasiswa khususnya pembeli yaitu dengan mengambil dan membayar sendiri barang yang diambilnya. Selain itu kantin ini juga melatih mahasiswa untuk berbisnis dengan berjualan selain dapat pengalaman berharga dengan praktek berjualan, mahasiswa juga akan menyadari bagaimana sulitnya mencari uang selain itu hal ini juga dapat membantu mahasiswa jika kekurangan uang saku untuk mendapatkan uang tambahan. Dan kelebihan-kelebihan lainnya yang banyak dan mungkin tidak bisa penulis sebutkan.

Setelah melihat kelebihan dan manfaat dari kantin kejujuran ini mari kita lihat juga kekurangan pada kantin kejujuran ini. Yang pertama kantin kejujuran ini terletak pada lingkungan kuliah dan biasanya barang-barang dagangan diletakkan pada tempat duduk yang biasanya digunakan mahasiswa untuk istirahat atau menunggu waktu kuliah, sehingga tempat yang harusnya bisa digunakan untuk duduk dan istirahat tidak bisa digunakan sebagaimana fungsinya karena penuh dengan barang dagangan yang diletakkan sembarangan dan terlihat tidak rapi. Selain itu kantin ini juga rawan kecurian karena tidak ada pengawasan, kasihan kan penjual yang harusnya untung malah menanggung kerugian.

Dari kekurangan diatas sebaiknya dicari solusi yang tepat karena manfaat dari kantin ini yang banyak sekali. Sayang sekali klo kekurangan yang ada dapat merusak manfaat yang banyak dan berharga bagi mahasiswa. Untuk masalah tempat ada baiknya dibuatkan tempat khusus yang terdapat pada lingkungan kuliah dan tempat-tempat mahasiswa mengerjakan tugas untuk meletakkan barang-barang dagangan. Sehingga tempat-tempat yang selayaknya bisa digunakan untuk duduk dan beristirahat bisa digunakan sebagaimana mestinya dan terlihat rapi dan nyaman. Dan usahakan ada pengawasan untuk barang dagangan yang ada sehingga tidak ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini. Dan dari cerita beberapa teman penulis yang berjualan dia sempat bilang bahwa dia mengalami kerugian dalam berjualan dan presentase kehilangan yang ada semakin lama semakin banyak. Jangan sampai hal ini berlanjut dan kejadian yang ada di daerah Tulungagung terulang yaitu kantin kejujuran yang dibiayai oleh pemerintah untuk sekolah SMP dan SMA semua mengalami kerugian.

Penulis dalam hal ini hanya ingin memberikan masukkan untuk kantin kejujuran yang ada pada kampus penulis. Penulis juga masih berharap kantin kejujuran tetap bertahan di kampus penulis karena banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya kantin kejujuran ini. Demikian sedikit saran yang dapat penulis tulis semoga dapat diambil manfaatnya dan jika ada kekurangan dan terdapat pihak-pihak tersinggung dalam tulisan ini penulis mita maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda, baik berupa koreksi, kritikan maupun saran...