Selasa, 01 Maret 2011

Mengenal Produk Organik



Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia setiap hari manusia tidak terlepas dari yang namanya makanan. Dan tanpa kita sadari banyak bahan makanan yang masuk dalam tubuk kita mengandung zat-zat kimia yang berbahaya yang lama kelamaan jika dikonsumsi terus menerus akan mengancam kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu ada solusi yang lebih baik yaitu dengan menggunakan produk-produk organik. Dimana produk-produk organik ini tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga bersahabat dengan lingkungan sekitar.

Lalu apa yang dimaksut dengan produk organik ?
Menurut definisi yang ada (USDA Consumer Brochure), produk pertanian organik adalah “produk yang dihasilkan dengan mengutamakan penggunaan sumber-sumber terbarukan (renewable resources ) serta terdapat konservasi lahan dan air untuk meningkatkan kualitas lingkungan bagi generasi mendatang”.
Definisi lain menurut organic-nature-news.com, produk organik adalah “produk yang dihasilkan tanpa memakai pestisida, pupuk kimia, hormon, antibiotik maupun bahan2 kimia tambahan lainnya dan diharapkan setidaknya 95% menggunakan bahan-bahan organik”.
Berarti produk organik merupakan produk yang dihasilkan tanpa memakai pestisida, pupuk kimia, maupun bahan-bahan kimia lainnya yang mengutamakan penggunaan sumber yang dapat diperbaharui serta terdapat konservasi lahan dan air untuk meningkatkan kualitas lingkungan bagi generasi mendatang.
Dengan mengubah cara bertani dan pola konsumsi kita secara organik maka akan tersedia cukup makanan bagi seluruh penduduk dunia, karena energi yang dibutuhkan tanaman organik lebih sedikit dan dapat mengurangi pelepasan nitro oksida(salah satu gas rumah kaca berbahaya yang 300 kali lebih kuat).
Pada awalnya produk-produk organik ini dikembangkan di daratan Eropa oleh beberapa kelompok petani kecil dan hasil pertaniannya hanya tersedia di toko-toko kecil atau pasar petani. Lalu sejak tahun 90-an produk tanaman organik berkembang dengan pesat mencapai 20% per tahun. Dan saat ini penjualan makanan organik mencapai 2% dari seluruh penjualan dari industri makanan.

Manfaat mengkonsumsi produk-produk organik...
Kesehatan dan kelestarian alam merupakan alasan utama untuk beralih menggunakan produk-produk organik. Dari sisi kesehatan makanan dari bahan-bahan kimia banyak dikaitkan dengan munculnya banyak penyakit seperti kanker dan tumor serta perusakan sistem pencernaan.
Dengan mengkonsumsi makanan-makanan organik akan membuat organ tubuh kita bekerja lebih ringan. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2007 produk organik mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan produk non-organik.
Perkembangan tanaman organik sangat berkaitan dengan alam hal ini dikarenakan tanaman organik memiliki musim-musim tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik selain itu pada tanaman organik mengandalkan tingkat kesuburan tanah supaya tanaman dapat berkembang dengan baik. Hama tanaman yang biasanya diatasi dengan pestisida yang berbahaya pun harus diatasi dengan cara-cara alamiah. Keadaan air juga akan menjadi semakin baik dikarenakan air yang berada pada sekitar lahan tidak tercemar bahan-bahan kimia yang berbahaya. Dengan demikian hasil dari pertanian organik dapat optimal jika petani sudah mampu bersahabat dengan alam.

Tips mengenali produk organik?
·         Periksa ciri-ciri bahan pangan produk organik, memang secara kasat mata produk organik agak susah dibedakan dengan produk biasa karena belum tentu setiap produk organik bolong-bolong bisa jadi produk organik mulus dan tampak bagus seperti produk pangan biasa.
·         Periksa sertifikasi dan penjaminan dari produk tersebut. Misal di Indonesia ada lembaga yang mengurusi hal ini yaitu BioCert.
·         Kenali asal produk, jika hal ini memungkinkan kunjungi lahan tempat produk tersebut berasa.
·         Pilih produk setempat, pada produk-produk lokal seperti buah-buahan maupun sayuran lokal. Kandungan gizi yang dimiliki sebetulnya tidak kalah dengan produk-produk impor.
·         Lakukan penanaman sendiri, jika terdapat lahan yang bisa ditanami usahakan untuk membudidayakan tanaman sendiri.
Untuk mendapatkan produk-produk organik tidaklah sulit karena sudah terdapat toko-toko atau outlet-outlet yang mejual bahan-bahan pangan organik. Atau bisa langsung datang ketempat pembudidayaan produk-produk organik.


Sumber :
http://sumansutra.wordpress.com, http://organikmakanan.blogspot.com


By:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda, baik berupa koreksi, kritikan maupun saran...